Tipe Orang Berdasarkan Buku

buku dan orang
Menurut kawan ini adalah gambar apa?
Yang belum pernah mendengar ungkapan "Buku adalah jendela dunia" mungkin hanya ada dua orang yaitu bukan orang Indonesia atau orang Indonesia tetapi baru saja terlahir di dunia yang fana ini. Selain itu berdasarkan beberapa literatur yang aku baca ternyata banyak pendiri negara Indonesia ini yang menampakkan kecintaan yang mendalam pada buku. Kalau kawan bagaimana? Jawab jujur lho he..he..

Sejarah Buku

Berdasarkan beberapa sumber, sejarah buku awal mulanya adalah dari kebudayaan tulis menulis Bangsa Mesir kuno dimana mereka sudah mempunyai budaya menulis pada media tulis yang terbuat dari pohon papyrus. Selain Bangsa Mesir kuno bangsa lain yang dikenal sudah memliki budaya tulis sejak jaman sebelum masehi adalah bangsa China.

Saat ini buku sudah tak lagi berupa kertas, beberapa buku sudah terkonversi dalam media elektronik. Ebook adalah buku elektronik. Buku berbahan kertas serta ebook tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kalau kawan lebih suka yang mana? Buku kertas ataukah ebook? Setelah kupikir mendalam, sepertinya aku pilih uang kertas saja deh  he..he.. dasar.

Tipe Orang Berdasarkan Buku

Sebenarnya klasifikasi ini aku dapatkan dari candaan beberapa kawan dahulu saat aku masih berstatus menjadi mahasiswa. Entah kawanku itu mendapatkan idenya dari mana, tetapi setelah kupikir ternyata betul juga. Nah langsung saja ini macam-macam orang berdasarkan buku atau bahan bacaan lainnya. Cekidot!
  1. Orang yang suka baca buku namun tak suka membelinya. Walhasil ia mebaca dari pinjam pada temannya atau mungkin di perpustakaan atau mungkin juga di tempat-tempat umum. Jenis orang ini yang sudah sampai pada level addicted biasanya suka meminta koran bekas ataupun kertas naskah soal UAS sebagai bungkus mendoan yang ia beli. Kalau pengalamanku dulu adalah suka membaca koran-koran bekas sisa bungkus tempe, kubaca di dapur sambil menghangatkan tubuh di pagi hari nan dingin plus hitung-hitung sambil membantu Bunda menjaga nyala tungku biar tak padam. Tuh kan peribahasa banget, apa hayo peribahasanya? Yups, betul banget "Sambil menyelam minum kopi".
  2. Orang yang suka beli buku namun tak suka membaca. Nah, ini sebenarnya bisa bagian dari sebuah modus. Buku-buku yang ia beli hanya ia pajang pada lemari-lemari ataupun rak buku dan lemari-lemari itu sengaja ia tempatkan di ruang tamu. Paham kan apa tujuan orang ini? Biar disangka sebagai orang pinter. Tapi, ya memang pinter betulan yah? Pinter modus he..he..
  3. Orang yang tak suka beli buku dan juga tak suka membacanya. Jangan pernah ajak orang-orang jenis ini untuk jalan-jalan ke toko buku ataupun ke perpustakaan. BAHAYA!! Jika tak hanya membuat keributan, ya ia akan menggunakan kertas-kertas buku yang ada untuk membuat mainan pesawat-pesawatan. Dan pastinya lagi, ia tak kan lupa meniup pantat pesawat itu agar terbangnya awet. He..he.. yang marah berarti orang jenis ini.
Nah itulah beberapa tipe orang berdasarkan buku. Jika kawan mau belajar kimia, boleh baca  Konsep Mol. Terima kasih.

1 Comments

Terimakasih telah menyempatkan diri untuk mampir di blogku ini, dan aku akan sangat berterima kasih jika tulisanku dalam blog ini dikomentari

Post a Comment

Terimakasih telah menyempatkan diri untuk mampir di blogku ini, dan aku akan sangat berterima kasih jika tulisanku dalam blog ini dikomentari

Post a Comment

Previous Post Next Post