Cara Mengurangi Stress Saat Ujian


"Ah ... mbuh, soal apa sih kayak gitu. susah banget, punyaku engga aku kerjain lah"

Ungkapan yang kuranglebih seperti itu pernah saya dengar saat saya mengikuti sebuah ujian seleksi tertulis. Kebetulan saya juga mengerjakan soal yang sama sehingga saya hanya membatin "ah ... ngga sulit kok, itu hanya butuh sedikit ketenangan dan konsentrasi"
Yah mungkin sering kali kita sudah stress terlebih dahulu saat mengikuti sebuah ujian atau tes. Akibatnya soal yang sebetulnya mudah, bisa jadi tampak begitu susah untuk dikerjakan. Beberapa hal berikut mungkin dapat kita lakukan agar stress saat ujian sedikit berkurang:

1. Persiapkan materi sebaik-baiknya

Wah itu sih pasti, persiapan materi yang baik akan menambah rasa percaya diri kita saat melaksanakan ujian.

2. Jaga kesehatan fisik serta rohani

Bagaimana jadinya jika di saat "gawat" menjalani ujian kita diserang tidak enak badan. Wah bisa-bisa hancur lebur lah persiapan kita selama ini.

3. Jangan lupakan sarapan pagi

Terkadang kita merasa malas untuk sarapan pagi, apalagi jika menu sarapannya tidak mengundang selera. Awas, janganlah menyepelekan sarapan pagi. Sarapan pagi dengan menu yang sehat dan dikonsumsi secukupnya akan menyebabkan tubuh terasa lebih segar, dan enjoy

4. Ciptakan suasana yang menyenangkan saat melaksanakan ujian

Saat mengerjakan ujian kita bisa sambil bernyanyi-nyanyi lagu favorit kita secara pelan atau hanya dibatin, Jika sekiranya mungkin dan tak mengganggu peserta yang lain kita bisa pula barengai dengan ketukan-ketukan tangan yang ringan, gerak bibir (tanpa suara) atau pula hentakan kaki yang pelan.

5. Jangan lupakan kekuatan doa.

Peribahasa mengatakan bahwa manusia merencanakan namun Tuhanlah yang menentukan. Jangan lupa untuk berdoa untuk kesuksesan kita.

Terimakasih telah menyempatkan diri untuk mampir di blogku ini, dan aku akan sangat berterima kasih jika tulisanku dalam blog ini dikomentari

Post a Comment

Terimakasih telah menyempatkan diri untuk mampir di blogku ini, dan aku akan sangat berterima kasih jika tulisanku dalam blog ini dikomentari

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post